8 Games Android Lawas Terbaik yang Tetap Eksis Sampai Sekarang

Terkadang memainkan games lawas seringkali dipandang tidak update, Padahal memainkan games lawas merupakan suatu kebanggaan bagi mereka yang ingin mengenang masa-masa yang sudah pernah dilalui.

Games Android Lawas Terbaik

Saya sendiri memiliki beberapa games lawas yang terinstal di smartphone saya.

Selain untuk mengisi waktu luang, games tersebut seringkali mengingatkan saya saat waktu pertama kali bisa membeli smartphone android pakai uang pribadi.

Betapa bangganya saya saat itu bisa memiliki 2 hp canggih sekaligus, yaitu Blackberry dan Smartfren Andromax U2.

Keduanya bisa saya beli dengan hasil jerih payah sendiri.

Saat masa-masa indah itu saya sering menghabiskan waktu hanya untuk bermain game di smartphone android.

Menurut saya itu sebuah kebahagiaan yang tak pernah luput dari ingatan saya dan selalu terkenang jika saya memainkan games lawas.

Games Android Lawas Terbaik

Berikut ini akan saya ulas beberapa permainan lawas khusus android yang tetap eksis hingga saat ini.

1. Angry Bird

Games Android Lawas Terbaik

Angry Bird merupakan salah satu games android lawas yang tetap eksis hingga saat ini.

Permainan yang dikembangakan oleh developer Rovio Entertainment Corporation menurut pandangan saya masih menjadi pilihan terbaik untuk bermain games di smartphone android.

Selain bisa dimainkan tanpa koneksi internet alias games offline, grafik yang ada di permainan ini cukup bagus.

Terdapat banyak misi yang memiliki setting tempat yang berbeda-beda. Tentunya ini akan menambah pengalaman bermain yang lebih seru dan tidak membosankan.

Seperti biasanya, musuh dari para burung dalam permainan ini adalah karakter babi. Kita diharuskan menghancurkan komplotan para babi dengan melemparkan burung-burung ke arah musuh menggunakan ketapel.

Jagoan yang bisa kita gunakan untuk mengalahkan musuh ada 5 diantaranya adalah Ca-Caw (burung warna merah), Zzzt (burung warna kuning), Bip Bap Bob (burung warna biru), Ka-Boom (burung warna hitam), dan Bash (burung warna merah berukuran besar).

Setiap karakter utama memiliki kekuatan yang berbeda-beda, dengan kekuatan tersebut anda bisa dengan mudah mengalahkan musuh.

Dalam permainan terdapat bintang yang menjadi nilai ketika berhasil mengalahkan musuh. 3 bintang adalah nilai tertinggi, 2 bintang untuk nilai sedang, dan 1 bintang adalah nilai terendah.

Meski hanya bisa mendapatkan nilai 1 bintang, anda tetap bisa melanjutkan ke misi selanjutnya.

Permainan Angry Bird tidak memakan banyak ruang penyimpanan, anda tak perlu merasa khawatir kehabisan ruang penyimpanan. Permainan ini hanya membutuhkan kapasitas penyimpanan sekitar 99 mb saja.

Dan yang lebih bagus lagi, permainan masih terus diperbarui oleh pengembang hingga sekarang.

Anda yang masih menggunakan smartphone dengan sistem operasi android versi lawas masih bisa memainkan games ini, sebab permainan ini bisa diinstal di smartphone dengan OS android v.4.1.

Tertarik mencoba permainan Angry Bird? anda bisa langsung menginstalnya dari Playstore secara gratis.

2. Zenonia 5

Zenonia 5 termasuk salah satu jajaran games android lawas terbaik menurut saya.

Saya pribadi masih memainkan game Zenonia 5 dari dulu hingga sekarang. Yang membuat saya masih memainkan games ini adalah kenangan serta tantangan yang ada di dalam permainan.

Dalam permainan ini terdapat sebuah misi yang harus anda selesaikan dengan mencari sendiri cara menyelesaikan misinya. Tidak ada petunjuk yang jelas, seperti menebak teka-teki.

Terdapat 4 tokoh jagoan yang bisa anda pilih yaitu Abel, Evan, Neal, dan Ryan. Keempat tokoh tersebut masing-masing memiliki karakter yang berbeda.

Abel merupakan tokoh yang menggunakan karakter Berseker, senjata andalannya adalah Great Sword.

Evan memiliki karakter Mechanic dengan senjata andalan pistol dan machine gun.

Ryan karakternya adalah Paladin, senjata andalannya adalah Club (pentungan) dan tameng.

Neal tokoh dengan karakter Wizard, senjata andalannya adalah Buku Mantra yang besar.

Meski terdapat 4 tokoh yang berbeda, jalan cerita dari games Zenonia 5 tetap sama. Bahkan misinya pun sama semua.

Kita sebagai umat manusia harus mengalahkan iblis. Ada beberapa bos iblis dalam permainan ini yang harus kita kalahkan agar bisa menamatkan permainan zenonia 5.

Permainan dengan genre RPG yang satu ini memang seru, tapi anda tidak bisa memainkan games Zenonia 5 tanpa koneksi internet.

Meski begitu, anda tetap bisa memainkan games ini secara gratis dan bisa dengan mudah anda instal dari playstore di smartphone anda.

Sebelumnya juga saya pernah membahas games Zenonia 5 yang bisa anda mainkan tanpa koneksi internet. Untuk mengetahui lebih lanjut silakan anda simak juga Cara Instal Zenonia 5 Mod Apk Offline.

3. Need For Speed Most Wanted

Permainan balap mobil yang satu ini bisa dikatakan terbaik dari semua games balap mobil lawas yang ada.

Memang pada awalnya NFS Most Wanted sudah tersedia untuk beberapa perangkat seperti Playstation 2 dan PC Games.

Maka tak heran bila games besutan Gameloft ini menjadi kandidat permainan balap mobil android terbaik dari dahulu sampai sekarang.

Selain grafiknya sudah bagus, Need For Speed Most Wanted memiliki misi yang hampir sama semua untuk setiap perangkat yang digunakan.

Begitu pun dengan perangkat android, anda harus menjadi juara 1 dan menghindari kejaran polisi yang akan menangkap anda.

Anda bisa memodifikasi mobil milik anda menjadi lebih keren dan menambah kecepatan mobil anda.

Ada hal penting yang harus anda ketahui, NFS Most Wanted merupakan permainan premium yang ada di Playstore. Diperlukan biaya bila anda ingin menginstal permainan balap mobil ini.

Harga yang ditawarkan untuk games ini lumayan menguras kantong anda.

Tetapi anda masih bisa menikmati serunya games ini tanpa perlu bayar dengan cara menginstal games need for speed most wanted dari luar playstore.

Jika anda ingin mencobanya, saya pernah mengulas tutorialnya di blog ini, silakan anda temukan artikelnya di blog bobbib.

4. Clash Of Clans

Games besutan Supercell yang satu ini pernah menjadi permainan yang viral pada masanya.

Hampir seluruh pengguna smartphone android memainkan games COC, termasuk saya.

Sebenarnya saya masih ingin memainkan games ini, akan tetapi saya merasa malas jika harus main dari awal. Pasalnya akun COC yang sudah saya bangun dari nol hingga TH (Town Hall) 11 harus saya relakan karena terkena retas.

Untuk keamanan dalam permainan ini sudah cukup bagus, hanya saja saya waktu itu ingin mencoba-coba MOD yang katanya bisa menambah Gems, yang pada akhirnya saya harus mengikhlaskan kehilangan akun COC kesayangan saya.

Meski permainan ini sudah ada sejak tahun 2013, faktanya hingga sekarang permainan ini masih bisa anda mainkan di smartphone android.

Bahkan jumlah instal pengguna smartphone android saat ini sudah mencapai 500 juta lebih.

Untuk urusan gameplay, permainan ini terbilang gampang-gampang sulit. Jika kemampuan anda dalam menciptakan strategi tidaklah bagus, maka akan sulit bagi anda untuk mendapatkan 3 bintang ketika menyerang desa musuh.

Begitupun sebaliknya, jika anda tidak bisa membuat pertahanan yang kuat di desa yang anda bangun, maka desa anda akan mudah untuk dihancurkan oleh musuh.

Ada sekitar 22 Troops atau pasukan yang bisa anda gunakan untuk menyerang desa musuh dan mempertahankan desa anda.

yang paling populer adalah Barbarian, karena karakter yang satu ini menjadi icon games COC.

Dalam permainan Clash Of Clans anda juga bisa bergabung ke sebuah klan untuk menjalin hubungan pertemanan dengan orang lain.

Anda juga bisa perang antar klan bersama teman satu tim. Penentuan kemenangan ditentukan oleh jumlah bintang yang didapatkan.

Setiap orang berkesempatan menyerang klan musuh 1 kali dengan harapan bisa menghancurkan pertahanan musuh dengan sempurna sehingga mendapatkan 3 bintang.

Jika anda tertarik ingin memainkan Clash Of Clans di tahun ini, anda bisa langsung menginstalnya melalui Playstore secara gratis.

5. SAMURAI II: VENGEANCE

Games android lawas terbaik selanjutnya adalah Samurai II: Vengeance. Permainan dengan karakter seorang ahli pedang atau biasa dikenal dengan samurai dibuat oleh developer Madfingergames.

Games ini memiliki alur cerita yang bagus dan menarik. Setiap kali anda menyelesaikan sebuah misi, akan ada cuplikan tayangan kisah games Samurai II: Vengeance.

Menurut saya, games ini tidak terlalu rumit, anda hanya perlu mengalahkan musuh menggunakan kekuatan dari karakter samurai yang anda kendalikan.

Jalan yang ditempuh juga hanya satu jalur saja, jadi anda tidak perlu pusing memikirkan arah tujuan anda. Yang perlu anda perhatikan di setiap perjalanan akan selalu ada jebakan yang tak terduga.

Keunggulan dari games Samurai II: Vengeance adalah bisa dimainkan tanpa koneksi internet alias Offline.

Serta tidak banyak memakan ruang penyimpanan. Permainan ini hanya memerlukan kapasitas penyimpanan sekitar 47 mb.

Tetapi untuk bisa menginstal games ini dari playstore diperlukan biaya sebesar 2.99 dolar atau setara dengan 43 ribu rupiah.

Jika menurut anda terlalu mahal, anda bisa mencoba free trial-nya terlebih dahulu. Waktu yang diberikan untuk uji coba adalah 30 hari, selama masa uji coba silakan anda nikmati permainan ini.

6. My Talking Tom

Permainan yang satu ini bisa dikategorikan ke dalam permainan anak, pasalnya karakter kucing yang lucu ini seakan dipersembahkan untuk anak-anak.

Tidak ada tantangan yang berat dalam permainan My Talking Tom, anda hanya perlu merawat kucing peliharaan dalam permainan ini.

Seperti memelihara kucing di dunia nyata, maka anda perlu memberi makan, memandikan, mengajak bercanda kucing anda.

Bahkan anda bisa merias kucing kesayangan anda dengan memakaikan baju yang lucu.

Anda juga bisa menyuruh kucing anda untuk segera tidur jika dia sudah merasa ngantuk.

Dalam permainan yang diciptakan oleh Outfit7 Limited ada sebuah fitur yang sangat bagus yaitu kucing peliharaan kita bisa menirukan suara kita.

Kita hanya perlu mengucapkan kata-kata, maka kucing tersebut akan menirukan kata-kata yang kita ucapkan dengan suaranya yang lucu.

Tak perlu merasa khawatir tidak bisa memainkan games ini saat anda tidak punya kuota internet, sebab games My Talking Tom bisa dimainkan secara Offline.

Karakter kucing yang ada di permainan ini dikhususkan untuk anda yang suka dengan kucing dengan jenis kelamin jantan.

Bila anda ingin memelihara kucing betina, maka anda bisa memainkan games serupa yang diciptakan oleh developer yang sama yaitu My Talking Angela.

7. Pou

Games Android Lawas Terbaik

Pou merupakan Games Lawas android seperti sebuah permainan tamagotchi, bedanya permainan ini dimainkan di smartphone.

Tidak seperti tamagotchi sungguhan yang belum memiliki warna, Pou sudah dirancang sedemikian rupa oleh Developer Zakeh Ltd sehingga karakter Pou sudah dilengkapi dengan grafis yang bagus dan tentunya sudah berwarna.

Tidak sedikit orang yang mengatakan Games Pou adalah reinkarnasi dari games tamagotchi.

Memang gameplay Pou bisa dibilang seperti Tamagotchi yang harus memberi makan, mengajak bermain, dan menyuruh tidur.

Bahkan bila kita telat memberi makan, maka karakter Pou akan memiliki mood yang tidak baik. Raut wajah yang ditampilkan pun nampak bersedih.

Bedanya Pou dengan Tamagotchi seingat saya dulu Tamagochi tidak pernah mandi, sedangkan Pou bila tidak dimandikan akan mempengaruhi mood-nya.

Karakter Pou yang kita rawat juga bisa sakit, mirip halnya dengan tamagotchi yang bila diabaikan akan sakit bahkan bisa menyebabkan kematian.

Akan tetapi kalau Pou sepertinya tidak akan mati, kemungkinan yang terjadi hanya akan menurunkan mood-nya saja.

Meski terbilang lawas, Pou sampai saat ini masih banyak pengguna smartphone android yang memainkannya. Terlihat dari jumlah instal games ini di Playstore yang sudah mencapai 500 juta lebih.

Permainan ini sangat cocok untuk anak-anak dan kalian pengguna hp kentang, sebab Games Pou hanya memerlukan ruang penyimpanan sekitar 23 MB saja untuk menginstalnya.

8. Subway Surfers

Sebuah karakter yang nakal sedang mencoret-coret gerbong kereta sehingga dikejar oleh petugas siapa lagi kalau bukan karakter dari games Subway Surfers.

Inti dari permainan ini sebenarnya menghindari petugas keamanan yang mengejar ingin menangkap bocah nakal yang mencoret-coret menggunakan pilox.

Dalam permainan ini anda harus terus berlari di rel kereta api sambil mengumpulkan koin dan menghindari kereta api yang melintas.

Bila anda terjatuh atau tertabrak kereta, maka petugas akan segera menangkap anda, dengan begitu permainan akan berakhir dan anda dinyatakan kalah.

Tidak hanya itu, saat ini Games Subway Surfers terus dikembangkan oleh developer SYBO Games, sehingga banyak sekali alat-alat tambahan yang bisa anda gunakan untuk memenangkan permainan ini.

Mulai dari Magnet untuk mengambil koin dari jarak jauh, skateboard, bahkan ada rocket untuk terbang di atas kabel rel kereta api.

Dahulu hanya ada dua karakter saja dalam games ini, untuk saat ini sudah banyak karakter yang bisa anda gunakan untuk bermain di permainan ini.

Siapa sangka games yang bisa dikatakan sudah lawas ini, ternyata mencapai jumlah instal yang luar biasa di PlayStore yaitu mencapai 1 Miliar lebih.

Sebuah games memang akan terus dimainkan apabila developer masih tetap aktif, seperti SYBO Games developer Subway Surfers yang masih terus aktif memperbaiki setiap bug yang ada dan mereka juga sangat mendengar masukan dari pengguna aplikasinya.

Menurut saya itulah yang membuat games Subway Surfers bisa bertahan hingga saat ini.

Grafis yang ditampilkan pun cukup bagus, itu bisa juga yang menjadi andalan dari permainan ini untuk menarik minat penggunanya.

Bahkan anda pun tetap bisa memainkan Subway Surfers tanpa koneksi internet.

Tertarik memainkan Subway Surfers? Anda bisa segera mengunduhnya secara gratis dari Playstore.

Penutup: Memainkan sebuah games memang sangat menyenangkan, terlebih lagi jika permainan tersebut punya kenangan yang kuat untuk kita tentu tidak akan membuat kita merasa bosan.

Itulah ulasan beberapa games android lawas terbaik yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "8 Games Android Lawas Terbaik yang Tetap Eksis Sampai Sekarang"

Posting Komentar

Mohon Berikan Komentar yang sesuai dengan konten yang sudah saya buat dengan sepenuh hati. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel