Penyebab Nomor Whatsapp Di Hack Beserta Solusinya

Belum lama ini saya mengalami kejadian yang tidak pernah terduga, Nomor Whatsapp ibu mertua saya dihack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Hampir seluruh kontak yang ada di wa ibu mertua saya dimintai pulsa dan diminta untuk transfer uang dengan alasan sedang butuh uang.

Ini sungguh perbuatan yang sangat merugikan buat keluarga saya, pasalnya ada beberapa orang yang tidak tahu kalau wa ibu mertua saya dihack lalu membelikan pulsa.

Sebenarnya saya bisa mengembalikan whatsapp yang dihack, akan tetapi karena ibu mertua saya panik dan gaptek beliau malah mengganti wa dengan nomor yang baru, justru itu adalah kesalahan yang sangat fatal dan membebaskan pelaku untuk berbuat semaunya.

Bahkan saya sendiri telah mengetahui lokasi si pelaku dan mengantongi beberapa nomor yang digunakan pelaku untuk menerima pulsa. Hanya saja saya serahkan ini ke pihak yang berwajib, kebetulan keluarga mertua saya ada yang bekerja sebagai anggota kepolisian. Jadi, masalah ini telah ditangani oleh polisi.

Itulah pengalaman saya tentang whatsapp yang dihack.

Penyebab Nomor Whatsapp Di Hack Beserta Solusinya

Melalui artikel yang saya tulis berdasarkan pengalaman ini akan saya bagikan penyebab whatsapp bisa dihack sekaligus solusi untuk mengatasinya.


Penyebab Nomor WA Bisa Dihack


Ada beberapa hal yang menyebabkan whatsapp bisa dihack sebagai berikut:

1. Pernah digunakan di Whatsapp Web


Banyak orang yang tidak menyadari bahwa akun whatsapp yang dihack berasal dari whatsapp web. Hal ini memang jarang terjadi, terlebih lagi platform whatsapp menjamin keamanan akun wa yang digunakan di web.

Pada kenyataannya, ada beberapa kelonggaran yang bisa dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk mengambil alih nomor whatsapp yang digunakan di whatsapp web.

Biasanya mereka memanfaatkan celah ini untuk mereka yang tidak logout dari whatsapp web dan tidak pernah membersihkan riwayat browser di perangkat yang digunakan.

2. Menggunakan Nomor Telepon Yang Tidak Aktif


Penyebab yang satu ini bukan lagi hal asing buat mereka pengguna aplikasi whatsapp. Sampai saat ini ada lebih dari 10% pengguna whatsapp yang masih menggunakan nomor telepon yang tidak aktif (nomor telepon yang diblokir karena masa aktif sudah berakhir).

Tahukah kalian, bahwa nomor telepon yang sudah lama tidak aktif atau diblokir bisa diaktifkan kembali (diregistrasi ulang).

Para hacker memanfaatkan hal ini untuk mengambil alih akun whatsapp yang digunakan dengan nomor telepon yang tidak aktif.

Kalau sudah diambil alih oleh pelaku, kalian tidak akan bisa berbuat apa-apa. Sebab merekalah yang pegang kendali, bahkan verifikasi nomor pun bisa diatasi dengan mudah oleh para hacker.

Jika kalian masih menggunakan nomor telepon yang sudah tidak aktif, sebaiknya anda segera ganti dengan nomor yang aktif sebelum akun wa anda dihack atau diambil alih oleh pemilik baru nomor tersebut.

3. Meng-klik Link Sembarangan


Ketika anda bergabung di sebuah grub whatsapp bukan lagi hal tabu jika banyak anggota yang berbagi informasi baik itu lowongan kerja maupun kejadian viral yang sedang terjadi.

Bahkan banyak juga orang dengan pengetahuan yang minim membagikan link dengan iming-iming hadiah ataupun pulsa gratis asalkan kalian mengunjungi link yang dibagikan.

Karena mengejar hadiah dengan mengklik link sembarangan bukan tidak mungkin jika akun whatsapp kalian akan mudah dihack.

Saran dari saya, sebaiknya anda perhatikan terlebih dahulu Nama Domain yang digunakan untuk link yang akan dikunjungi.

Biasanya para pelaku menggunakan nama domain plagiat dari suatu perusahaan atau organisasi tertentu dan bukan berekstensi .com, .co.id, .net, atau .org

Extensi atau akhiran sebuah domain yang biasa digunakan para pelaku kejahatan adalah .tk, .xyz, .top, .site, .pw, dan masih banyak lagi ekstensi domain dengan harga murah yang biasa digunakan.

Tidak semua jenis domain yang saya sebutkan digunakan untuk tindak kejahatan, banyak juga yang menggunakan ekstensi domain dengan harga murah tersebut untuk hal positif.

Jika link yang dibagikan merupakan sebuah informasi penting, tentunya tidak masalah jika anda harus mengunjunginya. Yang penting anda harus perhatikan lagi nama dan tujuannya.

Di blog ini juga telah saya bahas tentang link berbahaya yang beredar dengan iming-iming kuota internet gratis, silakan anda baca juga bila ingin menambah wawasan.

4. Memasukkan Nomor WA di Situs yang Tidak Jelas Asal-Usulnya


Penyebab akun wa dihack yang ini hampir serupa dengan anda mengklik link sembarangan. Hanya saja ini berbeda sedikit dari segi aktifitas yang anda lakukan.

Ini bisa saja terjadi ketika anda sedang mencari sesuatu (informasi) di internet menggunakan browser di smartphone anda lalu mengunjungi salah satu situs yang tidak jelas asal-usulnya dan memasukkan nomor whatsapp dengan harapan bisa mendapatkan hadiah atau giveaway.

Bila anda telah memasukkan nomor wa di situs yang tidak jelas asal-usulnya, maka jangan heran bila nanti akun wa anda dihack. Bukan hanya bisa dihack, bahkan anda akan mendapatkan pesan spam yang bertubi-tubi dari nomor wa yang tidak anda kenal.

Untuk bisa mengetahui situs tersebut bukan abal-abal, anda bisa periksa kembali nama domainnya dan konten-konten yang terdapat di situs tersebut.

5. Tidak Diverifikasi 2 Langkah



Banyak pengguna whatsapp yang mengabaikan hal tersebut, padahal ini sangat penting dan mudah untuk dilakukan.

Akun WA yang tidak di Verifikasi 2 Langkah lebih rentan untuk diretas. Sebaiknya anda lakukan dari sekarang sebelum akun WA anda dihack orang tidak dikenal.

Solusi Mengatasi Whatsapp Yang Dihack


Setelah mengetahui beberapa penyebab wa bisa dihack, sekarang saya akan bahas cara mengatasinya.

Ciri-ciri akun wa dihack, biasanya akan keluar (logout) dengan sendirinya. Bukan anda yang mengeluarkannya.

Biasanya akun WA yang sudah dihack tidak bisa login di smartphone anda dan butuh waktu beberapa jam untuk bisa login kembali. Setelah waktu tersebut selesai, maka anda bisa login seperti biasa.

Setelah anda berhasil login, sebaiknya segera lakukan Verifikasi 2 langkah di pengaturan whatsapp anda. Masukkan 6 digit PIN dan Masukkan Email yang akan digunakan untuk menyetel ulang PIN apabila nanti anda lupa PIN-nya.

Dengan begitu akun WA anda tidak akan bisa dihack kembali.

Cara ini bisa anda lakukan, asalkan si pelaku tidak merubah PIN atau mengaktifkan verifikasi 2 Langkah di akun anda.

Catatan: Cara ini masih bisa dilakukan agar bisa mengembalikan akun wa yang dihack, asalkan anda menggunakan nomor telepon yang masih aktif. Bila akun anda sudah di verifikasi 2 langkah oleh si pelaku, kecil harapan akun wa bisa kembali ke tangan anda meskipun anda adalah pemilik nomor telepon yang masih aktif.

Solusi terakhir jika anda sudah tidak bisa mengembalikan akun wa yang dihack, sebaiknya anda telepon (hubungi) admin grub tempat anda tergabung lalu minta untuk dikeluarkan dari grub agar si pelaku tidak bisa mengetahui nomor-nomor yang ada di grub wa anda.

Dan segera hubungi orang-orang terdekat anda (paling sering chattingan) supaya mereka tidak menjadi korban kejahatan si pelaku (hacker).

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan terkait akun whatsapp yang dihack, mudah-mudahan sobat yang telah membaca artikel ini menjadi lebih paham dan akun wa-nya jadi tidak mudah untuk dihack.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Nomor Whatsapp Di Hack Beserta Solusinya"

Posting Komentar

Mohon Berikan Komentar yang sesuai dengan konten yang sudah saya buat dengan sepenuh hati. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel