Tutorial Membuat Blog Menggunakan Smartphone

Selamat datang di blog Bobbib. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial belajar ngeblog atau belajar membuat blog.

Mungkin kalau anda sering browsing, pasti akan banyak menemukan artikel tentang belajar membuat blog yang lebih baik dari pada yang ada di blog bobbib.

Namun, yang ingin saya bagikan di sini akan terlihat berbeda dari pada yang lain, karena saya ingin membagikan cara membuat blog melalui smartphone.

Saat ini smartphone sudah dibuat semakin canggih, sehingga kita sebagai pengguna bisa melakukan apa saja dengan smartphone. Dengan memanfaatkan kecanggihan yang ada, maka saya ingin mengajak anda untuk membuat blog menggunakan smartphone.

Platform yang saya gunakan untuk membuat blog pada tutorial ini adalah blogger.com, sebenarnya blogger sendiri sudah menciptakan aplikasi blogger yang bisa anda unduh di PlayStore maupun AppStore. Tetapi saya tidak mengharuskan anda menginstal aplikasi blogger tersebut, justru saya menganjurkan anda untuk menggunakan aplikasi yang sudah pasti ada di smartphone anda yaitu google chrome.

Pasti kalian akan bertanya, kan itu sudah ada aplikasi khusus buat ngeblog, kenapa malah pakai aplikasi google chrome?

memang sudah ada aplikasi yang dikhususkan untuk membuat blog dengan smartphone android maupun ios, alasan saya tidak harus menggunakan aplikasi blogger karena masih kurang optimal.

Kalau tidak percaya silakan anda coba sendiri karena saya tidak akan membahas itu pada kesempatan kali ini.

Oke, langsung saja kita mulai belajar membuat blog pakai smartphone.

Cara Membuat Blog Menggunakan Smartphone

Sekarang buka aplikasi google Chrome yang ada di smartphone anda, lalu masukkan url https://blogger.com.

Sebelum lanjut, kalian harus login dengan akun google atau gmail anda.

Sesudah masuk, anda akan ditampilkan antarmuka seperti di bawah ini.

Tutorial Membuat Blog Menggunakan Smartphone

Buat Nama Blog, Domain, dan Pilih Template

Pada kolom yang pertama silakan isi nama blog sesuai dengan selera anda. Misalnya : anda ingin memberi nama Blog Kucingku.

Pemberian nama blog tidak usah terlalu panjang dan sebisa mungkin singkat saja.

Kolom selanjutnya isi domain (alamat blog), untuk mengisi nama domain jangan terlalu panjang karena di sini kita menggunakan sub domain milik blogger yaitu .blogspot.com, kalau bisa nama domain tidak jauh berbeda dari nama blog anda.

Sebagai contoh, nama blog anda adalah blog kucingku, jadi anda bisa menggunakan domain seperti blogkucingku.blogspot.com.

selanjutnya pilih template, template ini merupakan tampilan dari blog anda. Sebagai bahan untuk belajar di awal saya mernyarankan untuk menggunakan template yang sederhana saja.

jika anda sudah mulai banyak menulis artikel di blog dan mulai memahami sedikit tentang HTML, maka anda bisa mencoba untuk mengganti templatenya dengan tampilan yang lebih bagus dan responsive.

Untuk mencoba mengganti tampilan blog, saya ada beberapa rekomendasi template blogger gratis yang bisa anda pakai di blog anda. Silakan anda baca juga artikel tersebut.

Buatlah Postingan Pertama di Blog

Setelah blog anda selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat isi (konten) blog anda. Untuk membuat postingan baru bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini.

Tutorial Membuat Blog Menggunakan Smartphone

Pilih atau klik bacaan entri baru Sekarang namanya Postingan Baru. Di sini saya menggunakan bahasa indonesia dan setiap bahasa yang digunakan akan berbeda-beda menyesuaikan dengan bahasa yang digunakan.

Jika anda menemukan perbedaan karena bahasa yang digunakan, maka anda bisa menyesuaikan berdasarkan tata letaknya seperti contoh gambar di atas.

Sampai di sini saya anggap anda sudah berada di dalam halaman untuk membuat postingan (konten).

Tutorial Membuat Blog Menggunakan Smartphone

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat judul postingan.

Selanjutnya buatlah isi postingan dengan tulisan atau artikel original (bukan copy paste dari blog lain) yang di dalamnya tersemat media tambahan seperti Gambar maupun Video.

lihatlah gambar di atas, ada banyak sekali tools yang bisa anda gunakan untuk membuat postingan. Di sini saya tidak akan menjelaskan satu persatu fungsi tools-nya, silakan anda coba sendiri.

Jika artikel sudah selesai dibuat, lihat kolom sebelah kanan, silakan anda masukkan label, deskripsi penelusuran, tanggal publikasi dan permalink.

Setelah semuanya sudah lengkap, silakan anda publis postingan pertama anda.

Sampai di sini anda sudah berhasil membuat blog dan postingan pertama menggunakan smartphone.

Saran dari saya ketika blog anda baru saja selesai dibuat, pastikan anda harus sudah mengetahui beberapa pengaturan untuk blog. Jika belum mengerti caranya, silakan anda baca juga Cara Setting Pengaturan Blog yang Benar di Blogger.

Begitulah cara membuat blog dengan menggunakan smartphone versi blog bobbib, semoga apa yang sudah saya berikan pada postingan hari ini menjadi bermanfaat untuk anda yang sudah membacanya.

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Membuat Blog Menggunakan Smartphone"

Posting Komentar

Mohon Berikan Komentar yang sesuai dengan konten yang sudah saya buat dengan sepenuh hati. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel