Bikin Sambal Rasa Kenangan

Sosok seorang ibu tidak bisa terlupakan sekalipun beliau telah tiada. Ada banyak sekali kenangan yang tidak terlupakan saat masih bersamanya.

16 Februari 2022 adalah moment Emak (Ibu) Pulang lebih dulu meninggalkan kita semua. Meski sudah lebih dulu kembali padaNya, Beliau banyak sekali meninggalkan kenangan. Satu diantaranya adalah moment makan bersama dengan sambal buatannya.

Sambal yang beliau buat menurut saya dan istri memiliki rasa yang enak dan pedas yang pas di mulut kami. Untungnya sebelum Emak meninggal dunia sudah mengajarkan saya untuk membuat sambal.

Tidak hanya sekali dua kali Emak mengajarkan saya, bahkan beliau mengajarkan saya hingga benar-benar menguasai resep sambalnya.

Kok Bisa Sambal Rasa Kenangan

Bikin Sambal Rasa Kenangan

Saat Emak masih hidup, kami di rumah hanya tinggal bertiga (Saya, Istri, dan Emak). Sebelum Emak meninggal dunia saya sempat meminta izin untuk pindah rumah ke jogja.

Mungkin itu jadi salah satu pertanda atau firasat sebelum Emak meninggal dunia. Biasanya Emak selalu mengkhawatirkan dan menasehati saya bila ingin pindah rumah. Hari itu sangat berbeda dari Emak yang biasanya, Emak tidak mengkhawatirkan bahkan beliau malah mendoakan saya.

Saya memang berencana pindah rumah ke jogja akhir tahun 2022, tapi entah kenapa saya sudah meminta izin ke Emak saat masih Bulan Januari 2022.

Kondisi Emak saat itu kesehatannya baik-baik saja, dan tidak menyangka akan meninggal dunia. Kita semua memang tidak ada yang tahu kapan Orang Tua kita akan dipanggil oleh Allah.

Setelah 8 bulan kepulangan Emak, akhirnya saya dan istri pindah rumah ke jogja. Meski awalnya merasa berat meninggalkan rumah yang di jakarta. Tetapi kami harus tetap pindah dan meninggalkan kenangan yang ada di rumah lama.

Pagi ini di Jogja 27 Desember 2022, saya kepingin membuat sambal menggunakan resep andalan dari Emak untuk makan.

Setelah selesai dibuat, saya mencicipi sambal tersebut, tiba-tiba saya teringat dengan kenangan saat masih bersama Emak dulu.

Mungkin ini bisa menjadi sebuah resep pribadi dengan nama Sambal Rasa Kenangan.

Rasa Kangen dengan Emak ini mungkin akan jadi pengingat buat saya agar tidak lupa untuk selalu mendoakannya.

Jika seseorang meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu) sedekah jariyah,  ilmu yang bermanfaat, atau doa anak yang saleh.” (HR. Muslim nomor 1631).

Saya sebagai anak hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk Emak.

We Love You Emak.

Belum ada Komentar untuk "Bikin Sambal Rasa Kenangan"

Posting Komentar

Mohon Berikan Komentar yang sesuai dengan konten yang sudah saya buat dengan sepenuh hati. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel