Cara Merakit PC Sendiri Dari Awal Sampai Menyala

Saat ini Merakit PC sendiri bukanlah hal sulit. Bahkan anda yang masih awam pun bisa mencobanya. Melalui artikel ini saya akan memberitahu langkah-langkahnya serta alat dan bahan yang diperlukan.

Cara Merakit PC Sendiri

Dalam praktik kali ini kita pastikan uang yang kita keluarkan sangatlah sedikit, tapi pc yang akan kita rakit memiliki peforma yang cukup bagus.

Bisa digunakan untuk mengerjakan tugas sekolah, internetan, maupun bermain games.

Okelah, langsung saja kita mulai ke tutorialnya.

Cara Merakit PC Sendiri Dengan Benar dan Harga Murah

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk merakit pc sendiri, tetapi kita akan mencoba cara yang telah saya praktikkan sendiri dan hanya mengeluarkan biaya yang sedikit (murah).

Siapkan Motherboard H61

Motherboard H61 masih menjadi primadona bagi orang yang ingin merakit pc dengan harga murah. Banyak yang mengatakan kalau mobo h61 merupakan spek kerehore.

Dengan menggunakan Motherboard H61 anda bisa memasangkan Processor CPU mulai dari core i3, core i5, sampai core i7.

Socket yang ada pada motherboard H61 adalah LGA 1155. Anda bisa menggunakan CPU yang sesuai dengan socket tersebut.

Harga untuk motherboard H61 hanya berkisar 300ribu sampai 700ribu tergantung dari merk yang anda ingin gunakan.

Detil Spek Mobo H61
- Memory: 2¡A240pin DDR3 1066 / 1333
- Slots: 1x PCI Express 2.0 x16; 1x PCI Express x1
- SATA: 4xSATA 3Gb/s
- USB 1.1/2.0: 4 x USB 2.0
- Form Factor: Micro ATX

Siapkan CPU Core i3 atau Core i7

Di sini saya lebih menyarankan anda menggunakan Processor core i3-3240 atau core i7-3770.

Selain karena harganya yang murah, TDP atau pemakaian daya listriknya tidak terlalu besar, hanya sekitar 55 watt saja.

Jangan jadikan ini sebagai patokan memilih CPU, anda bisa mengeksplor lebih jauh lagi dengan mencoba memasangkan pocessor yang support dengan motherboard H61.

Jangan lupa juga untuk membeli Fan Processor LGA 1155 dan Thermal Pasta. Supaya nanti ketika pc dinyalakan CPU tidak cepat panas.

Siapkan Ram DDR3 1066/1333

Perhatikan baik-baik pada bagian ini, Sebab RAM (Random Access Memory) sangat berpengaruh dalam proses perakitan pc. Jika salah dalam memilih RAM bisa-bisa pc yang anda rakit tidak menyala.

Anda harus menggunakan RAM DDR3. Untuk kapasitasnya terserah anda mau menggunakan seberapa besar. Kalau saya menyarankan agar menggunakan RAM dengan kapasitas minimal 8 GB dan Maksimal 16 GB.

Jika ingin menghemat biaya dalam proses perakitan pc, anda cukup gunakan RAM 8 GB yang dibagi menjadi 2 Slot. Artinya, anda menggunakan 2 buah RAM berukuran 4 GB.

Siapkan SSD (Solid State Drive)

Dalam praktik kali ini saya tidak lagi menggunakan Harddisk sebagai media penyimpanan, yang saya gunakan adalah SSD.

Bukan hanya menghemat biaya, tapi tujuan utama dalam penggunaan SSD supaya performa pc menjadi lebih cepat.

Bahkan untuk saat ini banyak penjual SSD yang menyediakan paket windows di dalamnya. Jadi, sangat bermanfaat untuk anda yang masih belum mengerti cara instal windows.

Dengan menggunakan SSD yang sudah terinstal Windows, maka anda tak perlu lagi repot untuk menginstal windows dari awal, cukup dengan mencolok SSD saja maka pc yang anda rakit langsung siap untuk digunakan.

Jika anda membeli SSD yang sudah terinstal windows, pastikan penjual menyediakan yang 64bit. Ini bertujuan agar nantinya memudahkan anda dalam melakukan upgrade maupun instal software.

Seperti pada tujuan awal kita merakit pc dengan harga murah, maka kapasitas penyimpanan SSD yang kita gunakan 128 GB saja. Menurut saya ini sudah sangat cukup dan bisa digunakan untuk menyimpan banyak file, foto, dan video.

Bila anda ingin mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar, maka bisa gunakan SSD yang berkapasitas besar seperti 256 GB, 512 GB, dan 1TB.

Siapkan VGA Card

Sebenarnya menggunakan VGA onboard saja pc yang anda rakit sendiri sudah bisa digunakan. Akan tetapi jika anda ingin mendapatkan performa yang lebih lancar lagi terutama saat bermain games atau mengedit video disarankan agar menggunakan VGA Card.

VGA Card banyak sekali macamnya dan harganya sangat bervariasi. Semakin bagus spek dan merk VGA Card-nya maka semakin mahal harganya.

Solusi terbaik untuk merakit pc dengan harga murah adalah gunakan VGA Card GTX-770 TI DDR5.

Jika anda punya dana lebih bisa gunakan VGA Card dengan spek yang lebih tinggi. Misalnya: GTX-1070 TI DDR5.

Dalam penggunaan VGA Card jangan sembarangan, apalagi sampai menggunakan VGA Card yang speknya rendah. Bukannya semakin lancar malah akan membuat kinerja pc rakitan anda menjadi lemot, bahkan bisa menyebabkan bottleneck.

Siapkan Power Supply

Power Supply atau biasa dikenal dengan sebutan PSU sangatlah penting, apa jadinya bila anda sudah memiliki semua bahan yang disebutkan di atas tapi tidak punya PSU, tentunya pc rakitan anda tidak akan menyala.

PSU sendiri merupakan alat yang berfungsi mengalirkan dan mengatur arus listrik.

Lalu bagaimana cara memilih PSU yang cocok untuk pc rakitan?

Anda bisa menggunakan PSU dengan daya listrik 500watt. Sedangkan untuk merk ada banyak yang bisa anda pilih mulai dari Varro, Bulldozer, Esmile, Eyota, dan lain-lain.

Harga PSU dengan daya listrik 500watt dari beberapa merk yang saya sebutkan hanya berkisar 100ribu hingga 150ribu saja.

Apabila di masa mendatang, anda mau upgrade pc menjadi lebih tinggi lagi speknya, maka saya menyarankan untuk menggunakan PSU yang lebih besar daya watt-nya dan memiliki pin power yang lebih banyak juga.

Siapkan Casing dan Fan

Menyiapkan casing sangatlah penting, sebab ini yang bisa membuat pc rakitan anda terlihat lebih bagus dan rapih.

Ada banyak casing pc yang dapat anda gunakan, bahkan ada juga yang jual casing pc gaming.

Ini bisa anda tentukan sendiri berdasarkan kesukaan anda.

Biasanya penjual casing pc sudah menyertakan paket casing dan Fan. Atau anda mau memilih Fan sendiri agar tampilan pc menjadi lebih cantik.

Merakit PC Sampai Siap Digunakan

Setelah semua alat dan bahan (hardware) anda miliki maka untuk Merakit atau menyusun rangkaian pc tidaklah sulit, cukup anda sesuaikan saja antara socket dan kabel-kabel.

Untuk lebih memudahkan, bisa anda contoh dari youtube berdasarkan merk motherboard yang anda miliki.

Setelah semuanya terpasang dengan benar maka pc akan menyala tanpa ada kendala.

Jangan lupa berdoa ketika pertama kali mencoba menyalakan, agar pc rakitan anda bisa menyalakan dan dapat digunakan tanpa kendala.

Spek yang saya berikan ini memang terbilang masih rendah bila dibandingkan dengan spek yang terbaru saat ini. Tapi, anda tak perlu khawatir karena anda masih bisa melakukan upgrade.

Dan yang paling penting adalah ketika anda sudah berhasil merakit pc sendiri dengan spek ini, saya jamin anda akan lebih mudah ketika ingin merakit pc lagi dengan menggunakan komponen terbaru yang spesifikasinya lebih tinggi dari yang anda pelajari saat ini.

Berikut ini saya sertakan juga perkiraan harga untuk merakit pc sendiri.

Hardware yang DiperlukanHarga
Motherboard / MainboardRp.300.000 - Rp.700.000
CPU / ProcessorRp.300.000 - Rp.800.000
RAMRp.200.000 / keping
SSDRp.200.000
VGA CardRp.800.000
Power Supply (PSU)Rp.100.000 - Rp.150.000
CasingRp.300.000
Keyboard, MouseRp.50.000
MonitorMulai dari Rp.1.500.000

Mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat dan membantu anda. Bila masih menemukan kendala bisa bertanya kepada saya melalui email atau kolom komentar yang telah saya sediakan. Terima Kasih dan Sampai bertemu lagi di postingan selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel