Cara Menambah Penghasilan Dari Keahlian Anda Di Internet

Halo sobat, saya senang banget hari ini, hanya dari 1 artikel yang saya tulis untuk sebuah website yang terkenal bisa menghasilkan uang yang lumayan besar.

Saya senang bukan karena nominal uangnya, saya senang karena ada yang menyukai keahlian saya dalam menulis.

Keahlian Yang Menghasilkan Uang

Tahukah anda Setiap manusia yang dilahirkan di dunia ini memiliki keahlian. Keahlian yang mereka miliki berbeda-beda antara manusia yang satu dengan yang lainnya.

Dari perbedaan keahlian ini kita bisa saling menutupi kekurangan sesama individu.

Nah, dari sinilah kita bisa mendapatkan penghasilan dari keahlian yang kita miliki untuk menutupi kekurangan atau membantu orang lain.

Orang yang menjual keahlian (jasa) ini sudah sering kita temukan di kehidupan kita. Contohnya sebagai berikut.

- Tukang Tambal Ban
- Bengkel Service Motor/Mobil
- Service hp/laptop/komputer
- Tukang Bor Sumur
- DLL

Itu contoh pekerjaan yang menggunakan keahlian di dunia nyata (offline).

Yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah tentang cara mendapatkan uang dari keahlian yang kita miliki melalui internet.

Sebelum lanjut, inilah contoh beberapa keahlian (jasa) yang bisa menghasilkan uang di internet.

- Menulis Artikel
- Design Grafis
- Web Developer
- Jasa SEO
- Pembuat Aplikasi Mobile
- Pembuat Animasi
- Pembuat Video
- Periklanan
- IT dan Jaringan
- Penerjemah
- Dan Masih Banyak Lagi

Semua yang saya sebutkan di atas bisa kita jual/tawarkan hanya dengan bermodalkan koneksi internet saja. Bahkan kita bisa menghasilkan banyak uang dari jasa yang kita tawarkan di internet tanpa harus bertemu langsung dengan calon customer (klien) kita.

Tapi perlu anda ingat, semua itu perlu yang namanya kepercayaan. Maka, sebelum anda menawarkan keahlian (jasa) yang anda miliki ada baiknya bangun kredibilitas anda terlebih dahulu.

Tips penting dari saya, jangan pernah malu untuk masukkan daftar klien anda di portfolio keahlian (jasa) anda, meski klien tersebut hanya dari perorangan atau teman anda sendiri.

Ketika kredibilitas anda sudah bagus di mata calon pembeli (klien), maka mereka tidak akan ragu menggunakan jasa yang anda tawarkan. Dan yakinlah anda akan bisa mendapatkan penghasilan yang luar biasa besar setelah itu.

Nah, bagaimana cara memulainya?

1. Lihat Kemampuan Diri Anda Sendiri

Kita harus bisa melihat keahlian yang ada pada diri kita sendiri. Misalnya, anda senang menulis, dari sana anda bisa asah lagi kemampuan anda hingga menjadi seseorang yang ahli dalam menulis.

Untuk menambah wawasan dalam mengasah kemampuan menulis anda, bisa anda baca juga artikel Cara Menulis Untuk Blog.

Jika anda sudah ahli dalam menulis, anda bisa tawarkan keahlian yang anda miliki ke seseorang atau perusahaan pemilik website atau blog.

Kemampuan yang ada pada diri seseorang tidak hanya menulis saja, tapi sangat banyak sekali. Dan anda harus bisa menemukannya sendiri keahlian apa yang ada pada diri anda yang bisa anda tawarkan melalui internet.

2. Temukan Keahlian Dari Hobi

Setiap orang pasti punya hobi, anda bisa menemukan keahlian dari hobi anda yang bisa berpeluang mendatangkan penghasilan dari internet.

Misalnya anda hobi menggambar dan sering mengaplikasikannya ke berbagai software yang ada di komputer seperti photoshop, coreldraw, dan lainnya.

Keahlian menggambar bukan profesi yang murahan, bahkan hanya dari gambar saja bisa menjadi sebuah penghasilan yang luar biasa.

Seperti contoh, Bayu Santoso asal yogyakarta yang berhasil membuatkan logo untuk band Maroon 5 dan dibayar dengan uang yang sangat banyak. Bahkan dari keahlian menggambarnya itu bisa membuat harum nama bangsa ini.

Intinya, anda bisa temukan keahlian yang bisa menghasilkan uang dari internet hanya dari hobi anda.

Sekarang anda sudah mengetahui keahlian yang anda miliki, dan ingin menjual atau menawarkan keahlian (jasa) anda di internet. Tapi, belum mengerti caranya?

Ada 2 cara yang bisa anda gunakan untuk menawarkan keahlian (jasa) yang anda miliki di internet sebagai berikut.

1. Pakai Website Sendiri

Dengan membuat website sendiri, anda bisa menawarkan keahlian yang anda miliki di internet. Bahkan bukan cuma keahlian saja yang bisa anda tawarkan di website sendiri, berbagai macam produk atau makanan bisa anda tawarkan di sana.

Anda bisa gunakan website sebagai media penawaran online usaha keahlian (jasa) anda.

Begitu pentingkah website? Ya, website sangat penting anda miliki sebagai seorang yang ingin menawarkan jasa di internet.

Yang jadi masalah di sini adalah tidak semua orang bisa membuat website sendiri. Anda yang belum mengerti cara membuat website, bisa baca beberapa panduan belajar ngeblog yang saya tulis di blog ini. Di sana juga telah saya jelaskan, blog kini bukan hanya sebagai penampil konten tulisan saja, tapi bisa juga digunakan sebagai landing page (halaman penawaran), dan bisa digunakan sebagai toko online.

Masih bingung dan gagal paham cara membuat website sendiri, atau anda tidak punya waktu untuk mengurus itu semua? tenang saja, sekarang sudah banyak orang ahli yang menawarkan jasa membuat website. Biasanya jasa pembuat website akan menerapkan SEO (Search Engine Optimation) di website yang mereka jual, Dan itu sangat membantu anda dalam memunculkan website anda di halaman pertama mesin pencarian, dengan begitu akan banyak visitor yang datang melihat keahlian (jasa) yang anda tawarkan.

2. Tawarkan Melalui Marketplace

Keahlian Yang Menghasilkan Uang

Marketplace untuk penjual jasa juga tidak kalah populer dengan marketplace toko online seperti tokopedia, bukalapak, shopee, dan Lazada.

Anda bisa menawarkan/menjual keahlian (jasa) yang anda miliki melalui marketplace yang ada di internet. Bahkan pangsa pasar marketplace untuk jasa sangat luas sekali hingga ke seluruh negara yang ada di dunia ini.

Berikut beberapa marketplace yang bisa anda gunakan untuk menjual jasa anda.

1. Upwork.com
2. Fiverr.com
3. Peopleperhour.com
4. Guru.com
5. Freelancer.com
6. Linkedin.com

Masih banyak situs yang bisa anda gunakan untuk menjual jasa anda di internet. Menurut saya di atas adalah marketplace yang paling populer di dunia.

Silakan anda bergabung di salah satu marketplace yang sudah saya katakan tadi. Dan buatlah penawaran yang menarik, agar calon customer (klien) berminat dengan keahlian (jasa) anda.

Di marketplace anda tidak perlu repot mencari calon customer (klien), yang anda perlu lakukan hanya buat penawaran semenarik mungkin dan yang paling penting adalah berikan customer anda kualitas terbaik yang anda miliki.

Mengingat marketplace yang saya sebutkan pangsa pasarnya dunia, anda harus bisa selalu mendapatkan review dan rating yang bagus. Sebagian besar orang yang berkunjung ke situs marketplace akan melihat review dan rating terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan uang dari keahlian yang anda miliki.

Sebagai ringkasan, inilah yang harus anda persiapkan dan praktikan sebelum menjual/menawarkan jasa anda.

  • Temukan Keahlian yang anda bisa
  • Asah keahlian anda hingga menjadi seorang yang sangat ahli
  • Promosikan keahlian di website sendiri dan marketplace

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya tuliskan pada kesempatan kali ini. Jika ada yang ingin anda tanyakan atau ingin berikan pendapat, mari kita diskusikan bersama di kolom komentar di bawah ini.

Selamat mencoba dan semoga anda bisa menambah penghasilan dari keahlian yang anda miliki.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menambah Penghasilan Dari Keahlian Anda Di Internet"

Posting Komentar

Mohon Berikan Komentar yang sesuai dengan konten yang sudah saya buat dengan sepenuh hati. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel