Cara Paling Ampuh Mencari Ide Untuk Blog

Apakah anda pernah merasa jenuh saat ngeblog? Seorang penulis blog pasti pernah merasakan kondisi ini sehingga sebagian dari mereka berhenti dari aktivitas ngeblog.

Saya juga termasuk salah satu orang yang pernah merasakan hal yang seperti itu, dan rasanya jadi malas untuk meneruskan kegiatan blog.

Cara Paling Ampuh Mencari Ide Untuk Blog

Ini biasanya terjadi ketika otak merasa stak atau buntu saat mencari ide untuk menulis blog.

Saya yakin semua blogger pasti merasakan hal yang sama seperti itu, solusinya sebenarnya mudah banget, yaitu ide menulis. Ketika ide nulis sudah kita dapatkan, maka menulis blog pun akan terasa sangat mudah dan lancar.

Maka dari itu saya berniat membuatkan artikel ini agar kalian lebih mudah dalam mencari ide untuk blog.

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan dalam mencari ide untuk blog.

1. Membaca Blog Lain

Membaca memang menjadi hal paling utama dalam aktivitas ngeblog. Dengan banyak membaca, anda bisa lebih mudah menemukan ide yang akan anda tulis untuk blog anda.

Membaca bisa dari buku, e-book, majalah, koran, dan juga berkunjung ke blog orang lain.

Kegiatan berkunjung ke blog orang lain biasanya dikenal dengan sebutan blogwalking. Selain mendapatkan ide dari blog lain, anda juga akan mendapatkan ilmu tambahan, serta menanam backlink di blog yang kita kunjungi jika blog tersebut menyediakan kolom komentar yang bisa disisipkan link blog kita.

2. Pengalaman Pribadi

Dari pengalaman pribadi kita bisa mendapatkan ide untuk menulis blog. Seperti contoh kita mengalami kejadian yang sangat langka, yaitu bisa bertemu sang mantan, dan kita bisa menuangkannya menjadi sebuah tulisan.

Atau kamu pernah ditinggal nikah sama mantan pas lagi sayang-sayangnya. Daripada galau, mending anda jadikan itu sebuah ide untuk anda tulis ke dalam blog anda.

Atau kejadian apapun yang anda alami di kehidupan nyata anda bisa anda jadikan sebagai ide untuk menulis.

3. Melakukan Experiment

Experiment, atau percobaan ini bisa juga anda jadikan sebagai ide untuk menulis di blog.

Sebagai contoh : anda beli jam tangan anti air, lalu anda coba celupkan jam tangan tersebut ke dalam air dan lihat hasilnya. Dari sana anda bisa tulis hasil percobaan anda tadi ke dalam blog.

4. Challenge (tantangan)

Saat ini sosial media juga dipenuhi dengan berbagai macam konten challenge.

Anda bisa ikuti challenge yang anda suka, lalu tuangkan hasil challenge tersebut ke blog anda dalam bentuk tulisan.

Atau misalnya challenge tersebut berformat video, anda bisa upload hasil rekaman video challenge tersebut ke youtube dan anda juga bisa menyematkan video tersebut ke blog anda dengan dibumbui tulisan anda.

5. Trending Topic

Di sini kamu harus jeli dalam menemukan trending topic, atau kejadian yang sedang hangat diperbincangkan oleh publik (netizen).

Seperti contoh, yang sedang trending saat ini adalah KKN Desa Penari. Dari sana anda bisa mengulas kejadian itu di blog dengan memberikan opini anda.

Hal yang sedang trending ini memang menjadi sebuah ajang lomba dimana anda semua orang, bahkan artis pun ikutan membahasnya.

Jika ide yang anda gunakan dari trending topic dan konten yang anda buat bagus, maka bersiaplah blog anda akan kebanjiran pengunjung.

Untuk mengetahui yang sedang trending saat ini, anda bisa kunjungi situs https://trends.google.co.id atau anda bisa mencarinya di sosial media.

6. Keahlian Pribadi

Cara mencari ide menulis blog yang satu ini hanya anda yang bisa menguasainya. Setiap manusia yang ada di dunia ini memiliki keahlian yang berbeda-beda.

Contohnya : anda punya keahlian dalam memperbaiki motor yang rusak, dari sana anda bisa menuangkannya menjadi tulisan di blog anda dengan membagikan artikel tentang cara memperbaiki motor.

Karena tulisan yang akan anda buat mengambil ide dari keahlian diri anda, maka saya yakin anda akan lebih mudah dalam membuat konten atau artikel untuk blog anda.

7. Tutorial Aneh

Jaman sekarang ini orang-orang semakin aneh, karena tutorial yang menurut saya aneh malah banyak peminatnya.

Contohnya : tutorial masak air

Secara logika masak air itu kan hal yang paling mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Tapi kenapa ketika itu dijadikan sebuah konten malah banyak peminatnya? Apakah ini kesalahan si pembuat kontennya atau pengunjungnya yang salah.

Mungkin dengan membuat tutorial aneh ini bisa menjadi sebuah ide yang bagus untuk blog anda.

8. Review

Me-review sesuatu seperti produk, makanan, film, kosmetik merupakan sebuah ide yang bagus untuk anda gunakan dalam menulis blog.

Contohnya : anda beli hp secara online di salah satu ecommerce seperti shopee dan mendapatkan diskon.

Ketika hp yang anda beli itu sudah sampai, anda bisa langsung mereviewnya.

Bahkan menurut saya, anda bisa mendapatkan banyak ide dari aktivitas beli hp online tersebut. Anda bisa mendapatkan ide tentang cara belanja online, anda bisa langsung mereview hp yang anda beli itu, dan anda bisa juga membuat video unboxing.

Review ini menurut saya ide yang paling enak dan mudah anda temukan ketika ingin menulis blog.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, sebenarnya Inti dari tulisan ini adalah saya ingin kalian tidak lagi fakum dari blog karena alasan susah mencari ide buat nulis.

Teruslah semangat dalam membuat artikel yang unik dan berkualitas. Salam Blogger.

Belum ada Komentar untuk "Cara Paling Ampuh Mencari Ide Untuk Blog"

Posting Komentar

Mohon Berikan Komentar yang sesuai dengan konten yang sudah saya buat dengan sepenuh hati. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel