Cara Mengatasi Gambar Renyek Pada Monitor PC

Halo sobat Bobbib, beberapa hari lalu saya galau karena monitor pc yang biasa saya gunakan untuk ngeblog mengalami kerusakan.

Cara Mengatasi Gambar Renyek Pada Monitor PC

Kerusakan pertama pada monitor milik saya adalah tidak menyala tetapi lampu power atau indikator berkedip.

Kalau mencari tutorial di youtube, itu termasuk perkara yang mudah dan bisa diatasi sendiri meski orang awam sekalipun, hanya saja saat itu saya tidak ada waktu untuk memperbaiki monitor sendiri sehingga saya mempercayakan tukang servis untuk memperbaiki monitor pc milik saya.

Tidak butuh waktu lama, teknisi yang saya percayakan berhasil menghidupkan kembali monitor saya seperti biasanya. Hanya saja, setelah saya bawa pulang monitornya kembali mengalami trouble, yaitu gambar menjadi renyek bahkan untuk melihat sebuah gambar berwarna pun tidak bisa terlihat dengan jelas. Dan parahnya lagi, tiba-tiba layar menjadi bergaris.

Teknisi yang saya anggap sudah handal tersebut pun memprediksi bahwa monitor saya mengalami kerusakan pada bagian layar tepatnya di bagian polarizer. Jika memang kerusakan terjadi pada polarizer, lebih baik saya mengganti monitor daripada harus memperbaikinya.

Saya sempat kepikiran untuk mengganti monitor, hanya saja otak kembali berfikir, jika beli monitor lagi, maka harus mengeluarkan uang lagi sedangkan kondisi keuangan saat ini sedang menipis. Akhirnya saya mencari caranya di youtube dan ketemulah dengan tutorial yang benar-benar bisa memulihkan kerusakan pada monitor saya.

Cara Memperbaiki Monitor PC Gambar Renyek

Berikut ini beberapa langkah yang saya dapatkan dari youtube yang terbukti berhasil untuk memperbaiki gambar monitor yang renyek.

1. Anda harus bisa bongkar monitor sendiri, yang harus anda lakukan hanya buka bagian belakang monitor saja, tidak perlu bongkar seluruh bagian monitor.

2. Siapkan penghapus karet.

3. Setelah monitor berhasil anda bongkar, cari kabel yang bernama LVDS. Pada umumnya kabel LVDS ada di bagian belakang dan mudah ditemukan.

4. Cabut soket kabel LVDS, lalu bersihkan bagian kuningan (tembaga) menggunakan penghapus karet.

5. Pastikan anda membersihkannya sampai kinclong.

Dengan cara di atas monitor saya sudah kembali normal, Anda yang mencoba cara ini seharusnya juga bisa berhasil memperbaiki gambar monitor yang renyek.

Apabila anda sudah mencoba cara ini tetapi masih belum berhasil juga, ada baiknya anda coba ganti kabel LVDS-nya, atau alangkah lebih baik anda percayakan kerusakan monitor anda kepada ahlinya (jasa servis komputer).

Sebagai tambahan referensi, anda bisa menyimak video berikut ini untuk mengatasi gambar renyek pada monitor.


Awalnya saya sempat meragukan tutorial dari video tersebut, setelah saya mencobanya sendiri, kini monitor saya sudah kembali normal dan bisa melanjutkan segala aktivitas di komputer kesayangan saya.

Dengan adanya artikel ini mudah-mudahan bisa membantu banyak orang, dan tak lupa juga saya ucapkan terima kasih banyak kepada channel youtube Azwarlb yang telah membagikan tutorialnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Gambar Renyek Pada Monitor PC"

Posting Komentar

Mohon Berikan Komentar yang sesuai dengan konten yang sudah saya buat dengan sepenuh hati. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel