Cara Membuat Short Link Sendiri Dan Dipasang Iklan

Sebelum memulai pastikan anda sudah tahu apa itu short link? Yups, itu adalah sebuah nama yang jika diartikan ialah link pendek. Biasanya ini akan sangat berguna sekali untuk kalian yang senang membagikan sebuah postingan atau artikel dari blog anda melalui sosial media. Biasanya sosial media memiliki keterbatasan dalam menuliskan kata-kata atau status, makanya short link sangat berguna sekali.

Contoh Short Link yang familiar dan sering digunakan banyak orang yaitu goo.gl dan bit.ly dua situs penyedia pemendek link ini memang sangat populer sekaligus gratis. Sayangnya shortlink itu tidak dapat kita monetize atau uangkan.

Memangnya ada pemendek url yang bisa menghasilkan uang? Jawabannya, ya ada.

Untuk mendapatkan uang dari situs pemendek URL, kalian bisa menggunakan network adf.ly atau short.st atau kalau ingin mencoba short link buatan anak bangsa kalian bisa menggunakan Safelinku.com.

Cara Membuat Short Link Sendiri Dan Dipasang Iklan

Saya tidak mau basa-basi lebih panjang lagi karena tujuan saya di sini akan berbagi kepada kalian tentang cara membuat shortlink sendiri yang tentunya bisa dipasang iklan agar menghasilkan uang. Kalau penasaran langsung saja ikuti tutorialnya di bawah ini.

Cara Membuat Short Link Sendiri

Pertama kalian harus sediakan yang namanya hosting, terserah kalian mau pakai hosting lokal atau hosting luar.

Siapkan domain. Agar terlihat profesional, gunakan nama domain yang singkat dan mudah untuk diingat.

Saya bingung dan masih awam sekali, Tidak paham apa itu hosting dan domain? Untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung mengunjungi jasa layanan hosting dan domain dengan harga termurah yang saya rekomendasikan melalui link di bawah ini.


Untuk masa belajar beli atau sewa hosting satu bulan saja. Pilih paket yang biasa saja, harganya paling cuma Rp.10.000

Kalau domain bisa anda coba pakai ekstensi yang murah seperti .xyz, .me, atau .club. Biasanya domain yang kita beli ini memiliki masa aktif selama satu tahun untuk satu kali pembelian.

Setelah memiliki domain dan hosting, lanjut lagi manage domain, arahkan nameserver domain anda ke hosting yang sudah anda beli.

Setelah domain terarahkan, buka panel anda pada layanan hosting, lalu buatlah database.

Selesai membuat database, lanjut install scriptnya di file manager > public html.

Scriptnya dari mana min? Beli di codecanyon harganya sekitar $12

.

Nama Script untuk membuat short URL sendiri adalah Premium URL Shortener Script ini dijual oleh developer bernama KBRmedia yang kini sudah mendapatkan rating 4.8 dari 5 untuk penjualan lebih dari 6215.

Ketika anda membeli script ini anda akan mendapatkan Future updates, Jadi anda bisa terus mendapatkan versi terbarunya di masa mendatang.

Jika tertarik ingin membeli script-nya, silakan anda kunjungi Link ini.

Sampai di sini saya anggap anda sudah memiliki scriptnya dan sudah berhasil menginstalnya di hosting.

Langkah selanjutnya Setelah script terinstall, buka situs anda dengan mengetikan http://domainanda.com/install.php.

Setelah itu isi semua data yang telah anda siapkan, seperti database dan password.

Selesai sudah dan anda sudah punya platform shortlink sendiri.

Pasang Iklan di Short URL Milik Sendiri

Maka langkah selanjutnya adalah anda harus otak atik sendiri, dan menyesuaikan sesuka kalian dan anda bisa memasang iklannya.

Dari tadi saya baca bingung dan kurang paham yang dimaksud apa. Saya sengaja buat seperti itu, karena ini biasanya hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah paham dengan html, javascript, dan juga php.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa mengetahui apa itu shortlink yang bisa dipasang iklan seperti apa, anda bisa mengunjungi situs download anime seperti samehadaku dan oploverz, mereka menggunakan short link buatan sendiri. Kalau sudah mengunjungi situsnya pasti kalian paham.

Tapi kenapa tutorial nya dari tadi saya baca acak-acakan, dan tidak disediakan scriptnya?. Saya sengaja membuat seperti itu agar kalian penasaran dan mau mencari tahu lebih dalam tentang short link buatan sendiri. Ini masih gurih buat para publisher makanya jarang ada yang bikin tutorial seperti ini hehe.

Palingan ini yang nulis tukang bohong, masa iya dia bisa bikin sendiri. Kalau tidak percaya silahkan anda coba pemendek link buatan saya, ini contohnya http://ushort.me/6MHDA.

Update : Karena hosting yang saya sewa untuk membuat demo short URL ini sudah habis masa berlakunya, maka saya tidak lagi dapat menampilkan demonya kepada anda. Sebagai permohonan maaf akan hal itu, saya telah membagikan Cara Membuat Safelink Menggunakan Blogger. Semuanya serba gratis gak perlu bayar.

Nah, Itulah Cara Membuat Short Link Buatan Sendiri yang bisa dipasang iklan. Mungkin hanya itu saja yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini, kurang lebihnya saya mohon maaf dan apabila ingin bertanya saya persilahkan melalui kolom komentar, Terima Kasih.

2 Komentar untuk "Cara Membuat Short Link Sendiri Dan Dipasang Iklan"

  1. tutor dong cara buat artikel link dengan berwaktu seperti safelink namun link berwaktunya akan hilang jika membuka artikelnya lewat web biasa pada umumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tutor safelink blogger yang saya buatkan memang seperti itu mas, kalau diakses cuma lewat url biasa dia gak ada waktunya

      Hapus

Mohon Berikan Komentar yang sesuai dengan konten yang sudah saya buat dengan sepenuh hati. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel